Kabar Internasional

Assalamualaikum ikhwah….
Ikhwah sekalian sering baca Koran nggak? Atau nonton berita di tv? Atau kalau nonton tv sukanya cuma melototin gossip atau tayangan misteri doang? Wah, jangan sampai deh. Bisa berbahaya itu, bisa merusak otak dan melemahkan spirit hidup. Itu sih kata pak Sapto Waluyo. Tapi bener kok. Coba deh sekali-kali kita baca Koran atau mantengin berita di tv. Biar kita nggak ketinggalan info yang sedang nge-in sekarang-sekarang ini. Berita di media online atawa internet juga asyik tuh untuk di simak.
Nah, kalau ikhwah sekalian sering ngikutin perkembangan zaman sekarang melalu media-media tersebut diatas, tentunya tau dong berita apa yang lagi naik daun sekarang ini. Yup, berita tentang senator muda dari negeri paman Sam. Tau siapa dia? Itu lho, yang sedang nyalonin dirinya jadi presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat. Yup, dialah Barack Obama. Nama lengkapnya sih Barack Hussein Obama Junior. Tuh nama nggak jauh-jauh amat ama nama bapaknya, Barack Husein Obama Senior. Ada Senior, ada Junior. Ah, itu sih nggak penting. Terus apa sih yang penting kok ngebahas masalah ini segala. Eit…tunggu dulu. Baca terus ya….
Ikhwah sekalian, nah ternyata, ni senator pernah tinggal di Indonesia lho selama 3,5 tahun. Dia dulu tinggal di Jakarta waktu masih SD. Dia sekolah di SDN 01 Menteng, di jalan Besuki. Mau tau nggak kenapa dia bisa nyasar sampai Indonesia? Nah, rupanya waktu di Amerika, ibunya Obama ni, Ann Dunham, setelah gagal dengan suaminya yang pertama, dia menikah dengan orang Indonesia yang bernama Lolo Soetoro. Karena tututan keluarga akhirya ibunya ikut dengan suaminya yang kedua yang orang Indonesia ini. Jadilah Obama bersama ibu dan ayah tirinya (Obama anak suami yang pertama)pergi ke Indonesia. Ayahnya adalah seorang militer tapi waktu itu nggak kaya-kaya amat jadi nggak sanggup nge-biayain Obama sekolah di sekolah favorit. Jadilah Obama kecil sekolahnya bareng anak-anak miskin kayak anak pembantu dan buruh gitu.
Eh, ngomong-ngomong, napain sih kita ngomongin orang yang ada ni negeri nun jauh disono, and hubungannya sama kita-kita yang ada di Indonesia ini apaan? Padahal, kalau mau tahu, kata Obama orang Amerika itu kebanyakan tidak tahu letak dimana peta Indonesia berada. Jangan-jangan mereka nggak tahu kalau ada Negara Indonesia di muka bumi ini. Wah kebagetan banget yah. Nah kalau letaknya aja nggak tahu bisa di pastikan dong kalau banyak orang Amerika yang tidak tahu kalau ternyata kita yang Indonesia ini mempunyai penduduk yang beragama islam terbesar diseluruh dunia. Nah, terus apa sih pentingnya ngebahas masalah ini. Eit….tunggu dulu. Jangan langsung skeptis gitu dulu dong. Ini ni kelanjutannya.
Setelah dewasa dan jadi orang besar, Obama ini sekarang mau ngecalonin dirinya jadi presiden dalam pemilu bulan November ntar. Tau nggak apa yang dilakukannya sebelum ngecalonin dirinya jadi presiden? Nah, ternyata ni Obama sangat peduli dengan kita-kita yang ada di Indonesia. Waktu dulu kita pertama-tama diserang flu burung, dialah orang pertama yang bersuara untuk menurunkan bantuan kepada Indonesia dalam memberantas flu burung. Wajar, karena pernah hidup ditengah pemukiman warga Jakarta jadi dia tahu persis gimana kehidupan di pemukiman yang dibelakang rumahnya banyak terdapat kandang-kandang ayam. Obama juga sangat care dengan apa yang terjadi di Indonesia mulai dari politik, budaya sampai alamnya. Tidak heran kalau dia tahu kalau ternyata kebijakan-kebijkan yang ada di Indonesia ini sudah dari zaman penjajahan dulu, atau orde barulah yang setelahnya, banyak dipengaruhi oleh Negara Amerika. Kalau masalah alam, Obama ini sangat suka alam Indonesia. Waktu terjadi bom Bali yang terakhir dulu itu, Obama ternyata ada di pantai yang berjarak cuma beberapa mil dari lokasi bom tersebut. Apa kata dia tentang alam Indonesia. Dia sangat ingin mengajak anak-anaknya berjalan-jalan di sebuah sungai di pebukitan di Bali, tapi dia takut alamnya udah nggak seperti yang ada di bayangannya. Apa pasal, dia takut sungainya udah nggak alami lagi. Satu hal lagi. Ternyata Obama ini sering ngadain komunikasi dengan warga Indonesia yang ada di Amerika. Nah lho?! Jadi wajar kalau saking dekatnya dia dengan Indonesia dia masih sering bolak-balik Amerika-Indonesia. So, masih ada alasan kita nggak pedul
i sama berita yang satu ini? Masalahnya sekarang, kita ngedukung nggak dia jadi presiden Amerika? Itu sih terserah ikhwah sekalian mau ngedukung atau nggak. Tapi kalau penulisa sendiri sih ngedukung. Yah, berharap aja nantinya kebijakan-kebijakan Indonesia tidak dipengaruhi lagi oleh Amerika kalau presidennya di pegang oleh orang yang dekat ama Negara ini.
Nah ikhwah sekalian, mungkin ini aja dulu untuk sedikit bekal pengetahuan bagi kita. Nggak apa-apalah orang Amerika nggak kenal ama Negara kita tapi kita kenal mereka. Optimis ajalah, siapa bisa menyangka kalau ntar pengetahuan kita tentang Amerika bisa ngebawa kita menuju Amerika dan kita bisa mendakwahkan Islam yang rahmatan lil ‘alamin ini kepada mereka, sehingga mereka semua masuk islam semua. Mimpi kali ya? Iya. Tapi mungkin aja kok asal azam kita sepenuhnya kita serahkan pada Sang Pangeran, gusti Alloh robbul izzati…
Wassalamualaikum….

Postingan Populer